20 Twibbon Hari Kartini 2022, Pasang Foto Hut RA Kartini

  • Whatsapp

R.A. Kartini menghembuskan nafas terakhirnya pada 17 September 1904 dan di makamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang. Meskipun telah wafat, perjuangan R.A. Kartini tidak begitu saja berakhir.

Salah satu sahabat R.A. Kartini yaitu Mr. J.H. Abendanon yang pada kala itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda mengumpulkan surat-surat yang dulu Kartini kirim pada teman-temannya di Eropa.

Bacaan Lainnya

Yang kemudian kumpulan surat-surat Kartini itu di bukukan dan di beri nama Door Duisternis tot Licht yang berarti “Dari Kegelapan Menuju Cahaya”.

Buku tersebut pertama terbit pada tahun 1911. Dan pada tahun selanjutnya Bali Pustaka juga menerbitkan buku tersebut dalam versi translasi yang berjudul: Habislah Gelap Terbitlah Terang.

Pemikiran R.A. Kartini dalam surat-suratnya di buku “Habislah Gelap Terbitlah Terang” itu telah mengubah pola pikir masyarakat Belanda terhadap kaum perempuan pribumi serta menjadi inspirasi bagi banyak tokoh-tokoh Indonesia pada masa itu.

Hari Kartini pun di cetuskan pertama kali oleh Presiden Soekarno dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964, pada tanggal 2 Mei 1964.

Tanggal 21 April yang merupakan hari lahir R.A. Kartini pun di tetapkan sebagai Hari Kartini. Untuk ikut memperingati Hari Kartini 2022, Anda dapat membagikan twibbon Hari Kartini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait