20 Twibbon Hari Kartini 2022, Pasang Foto Hut RA Kartini

  • Whatsapp

20 Twibbon Hari Kartini 2022, Pasang Foto Hut RA Kartini – link twibbon Hari Kartini 2022 dengan berbagai model dan meranik bisa Anda temukan melalui artikel ini. Berikut infomasi lengkapnya.

Dalam artikel ini terdapat link kumpulan Twibbon Hari Kartini 2022 dengan berbagai pilihan terbaik yang bisa Anda bagikan ke Whatsapp hingga Facebook.

Bacaan Lainnya

Sebelum lanjut untuk mendownload bingkai foto atau Twibbon Hari Kartini, alangkah baiknya kita ketahui dulu kapan peringatan hari Kartini tahun ini.

Setiap tahunnya tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingatan Hari Kartini. Lantas bagaimana awal mula Peringatan Hari Kartini?

Sejarah Hari Kartini

Peristiwa peringatan Hari Kartini di latar belakangi oleh perjuangan Raden Adjeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang kita kenal sebagai R.A. Kartini dalam memperjuangan emansipasi wanita.

Hal tersebut karena kala itu perempuan pribumi tidak di berikan kebebasan menuntut ilmu dan belajar seperti sekarang ini.

Namun berbeda halnya dengan R.A. Kartini yang mendapat kesempatan untuk memperoleh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) karena berasal dari keluarga bangsawan.

Sayangnya karena adanya kebiasan pada masa itu yang mengharuskan anak perempuan harus tinggal di rumah atau ‘dipingit’, maka R.A. Kartini hanya dapat bersekolah hingga usia 12 tahun.

Namun keinginan belajar R.A. Kartini tidak padam. Selama tinggal di rumah itulah Kartini belajar sendiri dan mulai menulis surat pada teman-teman korespodensinya yang rata-rata berasal dari Belanda.

Rosa Abendanon merupakan salah satu teman surat-menyurat R.A. Kartini. Dari di alah Kartini mulai sering membaca buku dan Koran Eropa.

Maka dari sanalah timbul semangat dan keinginan Kartini untuk memajukan kaum perempuan pribumi yang mana pada saat itu berada pada status sosial yang sangat rendah.

RA Kartini pun banyak membaca berbagai surat kabar dan majalah kebudayaan Eropa dalam bahasa Belanda yang telah menjadi langanannya.

Banyak buku yang telah Kartini baca hingga membuat pikirannya menjadi terbuka dan semakin maju. Berkat ketertarikannya membaca buku, R.A. Kartini pun mendapatkan pengetahun yang cukup luas dalam ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Lalu, pada 12 November 1903, Kartini menikah dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan Bupati Rembang.

Beruntung Adipati Ario Singgih mengerti akan cita-cita istrinya, sehingga memperbolehkan R.A. Kartini membanngun sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait