Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 39, 42

  • Whatsapp
Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam SMA Kelas 10 halaman 39, 42  Bab 3

Bismillahirrohmannirrohim
Kunci jawaban IPS SMA kelas X halaman 39, 42 Bab 3 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 10 SMA/MA Bab 3 Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 
Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 39, 42  Bab 3

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMA/MA dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 39

Imam al-Gazali membagi sifat jujur atau benar (śiddiq) sebagai berikut.
a. Jujur dalam niat atau berkehendak, yaitu tiada dorongan bagi seseorang dalam segala tindakan dan gerakannya selain dorongan karena Allah Swt.
Contoh dari sifat jujur ini adalah membantu orang tua dengan tulus dan berniat ibadah kepada Allah
b. Jujur dalam perkataan (lisan), yaitu sesuainya berita yang diterima dengan yang disampaikan. Setiap orang harus dapat memelihara perkataannya. Ia tidak berkata kecuali dengan jujur.
Contoh dari sifat jujur ini adalah senantiasa menepati janji, tidak akan menjanjikam sesuatu jika dirasa tidak mampu memenuhinya.
c. Jujur dalam perbuatan/amaliah, yaitu beramal dengan sungguh-sungguh sehingga perbuatan żahirnya tidak menunjukkan sesuatu yang ada dalam batinnya dan menjadi tabiat bagi dirinya. Contoh perilaku jujur ini salah satunya adalah tidak mencuri.

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 39

Dalil dalam alquran dan hadis tentang sifat jujur
1. Wa izaa qultum fa’diluu walau kaana zaa qurbaa, wa bi’ahdillaahi aufuu, zaalikum washshookum bihii la’allakum tazakkaruun.
Artinya: “Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu) dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu ingat.” (QS. Al-An’am: 152)
2. Surat Az-Zumar ayat 33
Artinya: Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa (Q.S. Az-Zumar: 33)
3.“Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa.” (HR. Tirmidzi no. 2518 dan Ahmad 1/200)
4. Artinya: “Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertakwa pada Allah, berbuat baik, dan berlaku jujur.” (HR. Tirmidzi no. 1210 dan Ibnu Majah no. 2146)
5. Artinya: “Kedua orang penjual dan pembeli masing-masing memiliki hak pilih (khiyar) selama keduanya belum berpisah. Bila keduanya berlaku jujur dan saling terus terang, maka keduanya akan memperoleh keberkahan dalam transaksi tersebut. Sebaliknya, bila mereka berlaku dusta dan saling menutup-nutupi, niscaya akan hilanglah keberkahan bagi mereka pada transaksi itu.” (HR. Bukhari no. 2079 dan Muslim no. 1532)
6. “Tanda orang munafik itu ada tiga, dusta dalam perkataan, menyelisihi janji jika membuat janji, dan khianat terhadap amanah.” (HR Bukhari no. 2682 dan Muslim no. 59
Demikian Pembaca Kunci Jawaban PAI SMA Kelas 10 halaman 39, 42 Bab 3 buku siswa Kelas 10 SMA/MA kurikulum 2013.
Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.
Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

How useful was this post?

Bacaan Lainnya

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait